Pisang adalah salah satu buah yang paling menarik di dunia. Ekspor pisang global mencapai sekitar 18 juta ton pada tahun 2015, menurut PBB. Sekitar setengah dari ekspor pisang dibawa ke Amerika Serikat dan pasar Eropa. Di Amerika Serikat, setiap orang makan 11,4 lbs. pisang per tahun, menurut Departemen Pertanian AS , menjadikannya buah segar favorit di Amerika.

Fakta Tentang Pisang

Pisang mungkin buah yang pertama di dunia yang dibudidayakan. Para arkeolog telah menemukan bukti budidaya pisang di New Guinea sejauh 8000 SM

Pisang tanaman diklasifikasikan sebagai ramuan abadi arborescent (pohon-seperti), dan pisang itu sendiri dianggap berry. Sekelompok pisang disebut tangan; satu pisang adalah jari.

Ada hampir 1.000 varietas pisang , menurut Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO). Hampir semua pisang yang dijual di toko-toko dikloning hanya dari satu varietas, yaitu tanaman pisang Cavendish , yang aslinya berasal dari Asia Tenggara. Cavendish menggantikan Gros Michel setelah varietas itu dihancurkan oleh jamur pada 1950-an. Gros Michel dilaporkan lebih besar, memiliki umur simpan yang lebih lama dan terasa lebih enak. Cavendish tahan terhadap jamur yang membunuh Gros Michel, tetapi mereka rentan terhadap jamur lain dan mungkin menghadapi nasib yang sama dalam 20 tahun mendatang, kata ahli botani.

Secara botani, tidak ada perbedaan antara pisang raja dan pisang. Tetapi dalam penggunaan umum, “pisang” mengacu pada bentuk buah yang lebih manis, yang sering dimakan mentah, sementara “pisang” mengacu pada buah starchier yang sering dimasak sebelum makan.

Ekuador adalah produsen pisang terbesar di dunia, diikuti oleh Filipina. Pisang diproduksi di daerah tropis dan subtropis lainnya di Asia, Afrika, dan Amerika, serta Kepulauan Canary dan Australia.

Pisang liar tumbuh di seluruh Asia Tenggara, tetapi sebagian besar tidak dapat dimakan untuk manusia, karena mereka bertabur benih keras.

Pada tahun 1923, lembaran musik untuk lagu populer berjudul “Ya, Kami Punya Pisang!” terjual hingga seribu eksemplar per hari.

Harry Belafonte versi “Banana Boat Song” dirilis pada album pertama untuk menjual lebih dari satu juta kopi, “Calypso” Belafonte.