Tidur merupakan aktivitas rutin yang dilakukan manusia pada umumnya. Tidur tidak hanya sekedar untuk melepaskan segala kepenatan hidup, istirahat untuk menyambut aktivitas keesokan harinya namun lebih dari itu. Tidur bisa menjadi ibadah jika kita melakukannya sesuai apa yang diajarkan oleh nabi kita Muhammad salallaahu ‘alayhi wa sallam. Bagaimana tidur sesuai sunnah Nabi? simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Keajaiban Tidur Sesuai Sunnah Nabi

Panduan Tidur Dari Nabi salallaahu ‘alayhi wa sallam

1. Paling penting: memiliki niat yang benar.

Tidur untuk akhirat . Tidur dengan niat untuk bisa menyembah Allaah subhanahu wa ta’alaa lebih baik dan jangan pernah menggunakan tidur sebagai alasan untuk tidak memenuhi hak-hak Allaah (seperti berkata; “Aku terlalu lelah untuk bangun untuk fajar, biarkan aku tidur! “) Mintalah Allah ‘azza wajal untuk membantu Anda tidur dengan niat yang benar dan menaruh barakah di dalamnya.

2. Bergegaslah ke keluarga Anda.

Nabi صلى الله عليه وسلم berkata, Perjalanan adalah sepotong hukuman karena mengganggu pola tidur seseorang, makan dan minum sehingga ketika salah satu dari Anda memenuhi pekerjaannya, Anda harus bergegas ke keluarga Anda.

3. Berwudhu.

Ibn Abbas melaporkan bahwa Rasul Allaah berkata: Bersihkan tubuh-tubuh ini dan Allaah akan memurnikanmu, karena tidak ada budak yang tidur dalam keadaan murni tetapi Malaikat menghabiskan malam bersamanya, dan setiap kali dia berbalik, [Malaikat itu] ] berkata, ‘Ya Allah! Ampunilah budakmu, karena dia pergi tidur dalam keadaan murni. ‘ [at-Tabaranee]. Bahkan jika Anda dalam kondisi janabah dan Anda ingin tidur, tetap buat wudhu.

4. Katakan permohonan untuk waktu tidur Anda.

Inilah beberapa contoh adkhaar malam (dzikir) dari Sunnah Nabi:

  • Bacalah Ayat ul-Kursi untuk mendapatkan perlindungan Allah Subhanahu wa Ta’ala dari syaitan.
  • Bacalah surat al ikhlas, Surah al-Falaq dan Surah an-Nas tiga kali dan tiupkan ke telapak tangan Anda tiga kali dan dengan itu usapkan ke tubuh Anda yang bisa dijangkau.
  • Lakukan 33x Tasbih (Subhanallah) , 33x Tahmid (Alhamdulillah) dan 34x Takbir Allahu akbar) dan renungkanlah pada mereka
  • Baca Surah al-Mulk dan Surah al-Sajda dan Surah al-Kafiroon
  • Doa waktu tidur yang lain adalah: Allahumma bismika ‘amootu wa ahyaa (O Allaah, dalam Nama Anda Saya hidup dan dalam Nama Anda saya mati.’ Dan masih banyak lagi, ini adalah cara untuk mengikuti sunnah dan mendapatkan barakah saat Anda tidur Tidak ada yang membuat Anda tidur lebih peacufuil kemudian mengingat Allaah ‘azza wajal sesaat sebelum Anda tertidur!

5. Bersihkan tempat tidur dan berbaring di sisi kanan Anda.

Nabi berkata: “Ketika salah satu dari Anda pergi tidur, biarkan dia membersihkan tempat tidurnya dengan memukulnya dengan pakaiannya, karena dia tidak tahu apa yang mungkin telah datang ke atasnya. Kemudian biarkan dia berbaring di sisi kanannya … “[Shahih al-Bukharee dan Shahih Muslim] Fakta menakjubkan: Para ilmuwan mengatakan bahwa tidur di sisi kiri tidak disukai, karena jantung akan berada di bawah tekanan paru-paru kanan, yang terbesar dari dua paru-paru, dan ini akan mempengaruhi kontraksi terutama jika orang tersebut sudah tua. Juga mereka memastikan bahwa perut kenyang yang berada di bawah tekanan organ terberat di saluran pencernaan, hati, yang menunda pengosongannya, juga akan memaksakan tekanan pada jantung. Oleh karena itu mereka menyarankan orang untuk tidur di sisi kanan terutama untuk pasien dengan penyakit jantung. Allahu akbar. Siapa yang memberi tahu Nabi nasihat medis ini?

6. Shalat Malam: Witr dan Tahajjud

Jika Anda tidur untuk dunia, Anda akan dengan mudah mengatakan; Saya lebih suka tidur lalu shalat malam doa. Namun jika Anda tidur untuk akhirat, Anda akan mendapat manfaat dalam kehidupan ini dan selanjutnya! Ketika orang-orang akan bertanya kepada Salaf-us-Salih, “Mengapa Anda menghabiskan semua malam ini di Qiyam?” Mereka akan menjawab, “Supaya kita dapat beristirahat pada Hari Kiamat.” Nabi صلى الله عليه وسلم biasa berdoa Qiyam -al-Layl dan akan tidur sekitar satu jam sebelum Fajr.
Kiat : Jika Anda lebih suka bangun sebelum fajar untuk berdoa, doa witr dan doa tahajjud, maka jelaslah melakukannya. Tetapi jika Anda tahu kemungkinan besar Anda tidak akan bangun sepagi itu, lebih baik jika Anda berdoa sebelum tidur!

7 . Tetap terjaga setelah Fajar untuk mendapatkan persediaan!

Nabi صلى الله عليه وسلم digunakan untuk tetap terjaga setelah Fajar sampai matahari terbit. Salah satu sahabat melihat putranya tidur pada waktu itu dan berkata kepadanya, “Bangunlah, ini bukan waktunya untuk tidur. Ini adalah saat ketika Allah سبحانه و تعالى membagi ketentuan di antara ‘Ibaad-Nya .’
Salah satu sahaabah memiliki bisnis dan dia akan selalu memulai usahanya di pagi hari. Para sahabat lainnya berkata, “Dia menjadi orang yang sangat kaya!”